Kamis, 06 Mei 2010

LANGKAH-LANGKAH USAHA KECIL PEMBUATAN KECAP

Kecap adalah sejenis bahan pembantu pembuat makanan menjadikan rasa makanan terasa khas yaitu rasa manis ataupun rasa asin, kita mengenal kecap berarti kita mengerti bahwa kecap digunakan untuk menambah rasa dari masakan yang kita masak.

Kecap terbuat dari bahan utama yaitu kedelai atau biji buah kecipir, jadi kecap banyak mengandung protein nabati.

Bahan, peralatan dan bumbu-bumbu :

1.Bahan utama Kacang kedelai atau dapat juga kacang kecipir 1 Lt
2.Bumbu-bumbu:( Gula merah secukupnya, Garam kurang lebih 2 ons, bawang putih 4 buah, lengkuas, daun salam,kayu manis, serai, jahe, ragi dan daun jeruk)
3. Peralatan pembuatan kecap: ( Saringan halus dan kasar atau sejenisnya, tempat untuk merendam, alat pemanas bisa kompor anglo atau lainnya, tempat merebus, botol, corong plastik )

Cara pembuatan :

Kedelai atau buah kecipir dicuci bersih dan di saring untuk dipilih yang bagus-bagus karena dengan kedelai yang bagus akan mendapatkan hasil yang maksimal penyortiran ini dengan saringan yang kasar. Biji yang tenggelam yang baik untuk bahan kecap sedangkan bahan yang mengapung dibuang. Kedelai kita rebus lebih kurang selama 2 jam dengan perbandingan air dan kedalainya yaitu 2, 5 liter air setelah itu didinginkan selama kurang lebih 1 jam setelah dingin taburi dengan ragi kurang lebih 1 ons aduk sampai merata betul, kemudian simpan dalam tempat yang steril selama kurang lebih satu minggu lamanya. Selama proses fermentasi ini di aduk dan diperas. Selanjutnya bahan-bahan tadi direndam dalam larutan garam selama lebih 10 hari. Selasai perendaman bahan tadi direbus bersama larutan perendaman dan bumbu bumbu yang disebutkan diatas hingga bumbu meresap dengan menggunakan tempat yang bersih setelah mendidik kita saring dan jadilah kecap.

Menganai cita rasa dari kecap anda dapat menyesuaikan dalam pemberian gula merah dengan garam, jika ingin membuat kecap asin, tentu saja porsi pemberian gula dikurang dan porsi pemberian garam ditambah. Disarankan dalam pemakaian garam menggunakan garam yang baik.( Drs. Agus Triprasmoro )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar